Tuntaskan Wawancara Narasumber, Tim Pammuntuli Baji Kembali Gelar Take Gambar Film Dokumenter Maestro Pelestari Aksara Lontarak

Suasana Take Gambar Di Rujab Bupati Takalar 
(Wawancara Bersama PJ Bupati Takalar)


Takalarterkini.com, - Takalar, 14 Mei 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia (Pammuntuli Baji Institut) kembali gelar take gambar di hari ke-8 untuk narasumber ke 7-9 di pusat kota Kabupaten Takalar.

Wawancara Bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar



Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia kembali mendapat kepercayaan dari direktorat jenderal kebudayaan, LPDP, Danaindonesiana untuk mengelola dana hibah kebudayaan pada kategori Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro (DKPM).


Take gambar ke-7 berlangsung di ruangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar, Darwis, M.M dalam take video dokumenter Aminuddin Salle sebagai Maestro Pelestari Aksara Lontarak Makassar. 


"Semoga rangkaian take ini menjadi roda penggerak pelestarian nilai-nilai aksara lontarak yang tetap membudaya seiring perkembangan pesatnya kemajuan teknologi", harap Darwis Ewa.

Wawancara Bersama Kepala Bidang Ekraf Dispapora Takalar



Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga mengatakan bahwa "Bahasa Makassar telah menjadi ciri dan jati diri orang suku Makassar, olehnya bahasa Makassar mesti tetap dipertahankan sebagai bentuk identitas diri orang Makassar", ujar Andi Gunawan.


Setelah panitia DKPM Pammuntuli Baji dan kru film berada di kantor Disdikbud dan Disparpora Takalar sekitar 4 jam, maka tim langsung bergeser ke rumah jabatan Pj Bupati Takalar untuk melakukan take terakhir di hari ke-8 terhadap orang nomor 1 di Takalar, Bapak Setiawan Aswad.


Terakhir birokrat dengan pangkat pembina utama muda (IV/c) itu mengemukakan bahwa "Kami di jajaran pemerintah daerah Kabupaten Takalar berharap kegiatan ini menjadi punggung yang mampu memikul bahasa Makassar sebagai bahasa yang telah lahir berabad-abad silam dan terus lestari hingga akhir hayat", tutup sosok putra kelahiran Sinjai itu. AJM/RedTT.


Penulis : MAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023