Mengimplementasikan Dasa Darma Kedua; Ponpes Al-Fatih Parangmata Gelar Perkemahan

Suasana Pembukaan Perkemahan Ponpes Al Fatih Parangmata Di Gotonga Mappakasunggu - Takalar


Takalarterkini.com, - Mappakasunggu, 4 Mei 2024. Pondok Pesantren Al-Fatih Parangmata, Galesong, Kabupaten Takalar tingkat SMP dan SMA mengimplementasikan dasa darma kedua "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia" dengan melakukan giat perkemahan di kawasan Gotonga, Mappakasunggu, Takalar sejak 4 s.d 6 Mei 2024. 


Sebanyak 160-an siswa SMP dan SMA Ponpes Al Fatih Parangmata mewarnai bumi perkemahan Gotonga, dalam rangka kemah semester dengan mengusung tema; "Peduli Kebersihan Lingkungan Melalui Program Bakti Sosial". 


Giat ini dihadiri oleh Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) sekaligus Kepala Sekolah SMP Al-Fatih Parangmata Abdul Jalil, Direktur Ponpes Al Fatih Parangmata (Ustadz Ismail) bersama pengurus Yayasan, unsur pendiri Ponpes, pembina/pelatih pramuka, para guru-guru, dan panitia pelaksana perkemahan. 


Sekaligus dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Takalar yang juga ketua DPRD Kabupaten Takalar (2019-2024) dan anggota DPRD Takalar terpilih 2024-2029 Muh Darwis Sijaya.


Darwis Sijaya yang bertindak sebagai pembina upacara pembukaan kemah Pondok Pesantren Al Fatih Parangmata menyampaikan bahwa "Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler mengajarkan peserta didik untuk disiplin, kreatif, mandiri, peduli lingkungan dan melatih kebersamaan serta keakraban dalam sebuah satuan pendidikan", ungkap Ketua Kwarcab Takalar. 


Disisi lain Darwis Sijaya menambahkan bahwa "Selaku Ketua Kwarcab Takalar, kami amati sekolah atau ponpes ini paling aktif dalam melakukan kegiatan kepramukaan. Ini membuktikan bahwa pembinaan kepramukaan tetap eksis dan berjalan sampai hari ini", tambah politis senior partai PKS Takalar itu. 


Sementara itu, Kaharuddin Manyengka selaku pembina Pramuka Ponpes Al Fatih Parangmata menuturkan bahwa kami rutin melakukan perkemahan di luar ponpes. Ini menjadi agenda rutin semesteran dan tahunan, selain agenda mingguan di hari kamis, tuturnya. 


Ketua Panitia Perkemahan, Tajuddin Nur juga mengungkapkan bahwa perkemahan kali ini mengangkat tema lingkungan. Dimana kami ingin memberikan pengalaman riil mengenai aksi bersih di lingkungan masyarakat, ungkapnya. 


Seusai upacara pembukaan, awak media menemui Kepala Sekolah SMP Al Fatih Parangmata yang sedang bersantai disekitar area perkemahan, Abdul Jalil Mattewakkang mengatakan bahwa "Kami di pondok senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan kepramukaan sebagai ajang mempererat tali persaudaraan dan hubungan emosional yang baik antar peserta didik", ujar pemenang Kepala SMP Inovatif pada ajang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan tingkat nasional ini. AJM/RedTT. 


Penulis: MAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023