Terlibat Aktif!! Duta Baca Takalar Hadiri Kegiatan Rapat Koordinasi Pammuntuli Baji

Ketua Umum Pammuntuli Baji (AJM) Bersama Duta Baca Pelajar dan Duta Baca Anak Takalar


Takalarterkini.com, - Takalar. Selasa, 30 April 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia atau yang sering dikenal dengan Pammuntuli Baji melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka Dokumentasi Karya dan Pengetahuan Maestro dengan Judul Aminuddin Salle Karaeng Patoto Pelestari Aksara Lontarak. 


Kegiatan Ini Turut hadir dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Takalar-Jeneponto, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Takalar, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Takalar, Kepala Sekolah SMP/SMA/SMK se-Kabupaten Takalar, Penggiat Budaya, Sanggar Seni, Penggiat Literasi, Duta Baca Anak dan Pelajar Kabupaten Takalar.


Ketua umum Pammuntuli Baji Abdul Jalil Mattewakkang menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan tahapan kegiatan DKPM Maestro Pelestari Lontarak Makassar (Aminuddin Salle Karaeng Patoto). Dimana kegiatan Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menyampaikan, mensosialisasikan setiap tahapan kegiatan yang akan di laksanakan hingga bukan Oktober 2024”, ungkapnya.


Sekretaris Dinas Perpustakaan Juga Sebagai Pembina Pammuntuli Baji, Zainuddin Detol Berharap bahwa “ Kami selalu mensupport, berbangga dan selalu mengapresiasi setiap upaya pelestarian budaya lokal yang di lakukan oleh Pammuntuli Baji. Komunitas budaya ini begitu eksis dan konsisten dalam mengawal pelestarian dan pengembangan budaya lokal di Kabupaten Takalar”, jelasnya.


Disisi lain, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar Yang diwakili oleh H. Abdul Rauf Dini Mengatakan bahwa “Pammuntuli Baji sejak kami diberi mandat Kepala Bidang telah banyak berkolaborasi dalam kegiatan pengembangan dan pelestarian budaya, Termasuk pengusulan maestro daerah asal Kabupaten Takalar. Kami akan mendukung setiap tahapan pada kegiatan ini”, jelasnya.


Bukan hanya itu, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jeneponto Takalar diwakili oleh Asril  mengungkapkan bahwa “Atas arahan dan petunjuk dari Ibu Kacabdin Wilayah VII Kepada kami, Bahwa Sebagai institusi sangat mendukung dan mensupport kegiatan ini. Kami bersurat saja agar komunikasi dan koordinasinya lebih bagus lagi. Kegiatan ini sangat sesuai dengan Perda Sulawesi Selatan tentang Literasi Aksara Lontarak dan surat edaran tentang bahasa daerah masuk kurikulum dijenjang SMA/SMK/SLB“, urai Asri mewakili Kacabdin Wilayah VII.

Alhamdulillah sangat banyak perubahan positif dalam diri saya semenjak bergabung dan mengikuti kegiatan dari Pammuntuli Baji, Mulai dari Menyandang nama Pena berkat 30 Hari Bercerita. Saya Rasa Pemuda Takalar sangat beruntung dengan adanya Komunitas ini, terkhusus yang memiliki bidang keahlian Kesenian dan Literasi Budaya. Luar biasa keren untuk Pammuntuli Baji," ucap Perwakilan Duta Baca Pelajar Takalar. AJM/RedTT


Penulis: MNR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023