Gelar Pelatihan Menulis Buku, Pammuntuli Baji Libatkan Anggota dan Pelajar Takalar

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Menulis Buku


Takalarterkini.com, - Galesong Utara. Ahad,24 Maret 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia (Pammuntuli Baji)  gelar Pelatihan Menulis Buku untuk pengurus, anggota,  dan pelajar siswa SMA/SMK/MA Sederajat se-Galesong Raya (Galesong Utara, Galesong, Galesong Selatan) selama 2 hari Sabtu-Minggu, 23 s/d 24 Maret 2024 di Aula Wisata Pantai Galesong Kabupaten Takalar. 

Sambutan dan Laporan Ketua Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia 


Giat pelatihan penulisan buku ini mengusung tema; "Literasi dan Budaya ; Akselerasi Pelestarian Budaya Lokal Berbasis Aksara" sebagai salah satu rangkaian proses kegiatan Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro (DKPM) Aminuddin Salle Karaeng Patoto; Maestro Pelestari Aksara Lontarak Makassar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, LPDP, dan Dana Indonesiana.


Tidak kurang dari 50 peserta yang ikut dalam pelatihan penulisan buku ini yang tersebar dari 8 SMA/SMK/MA Sederajat se-Galesong Raya di tambah utusan Duta Baca Pelajar Takalar,Pengurus, dan Anggota Pammuntuli Baji. Panitia pelaksana hadirkan 3 pemantik dari berbagai latarbelakang berbeda yang mengulik dan mengupas tuntas cara memulai sampai bisa menulis dengan baik dan benar yaitu pertama, Junaedi akrab di sap Mr Jun (Penulis dan Motivator), Saipul (Penulis dan Penerbit), dan Haeruddin (Penulis dan Pendidik).

Sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar Diwakili Sekdis DPK Takalar


Hadir dalam kegiatan pembukaan Pelatihan Menulis Buku ini ialah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar (Zainuddin Detol), Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (St. Nurhalisah), dan Ketua Umum Pammuntuli Baji (Abdul Jalil Mattewakkang). 


Zainuddin Detol yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar yang juga Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia menyampaikan dalam sambutannya bahwa "semoga kegiatan pelatihan penulisan buku ini mampu mendongkrak semangat generasi muda (pelajar) untuk menuangkan kumpulan-kumpulan goresan pemikirannya melalui media cetak (buku) sebagai bahan pembelajaran dan pengembangan diri di masa yang akan datang", harap pejabat eselon III A itu. 


Terpisah, Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia dalam sambutannya mengemukakan bahwa "pengembangan sumber daya manusia sangat dibutuhkan sejak dini menuju Indonesia emas tahun 2045 mendatang, olehnya itu melalui kesempatan ini kiranya adik-adik bisa memanfaatkannya dengan baik", ungkap sosok pemenangan terbaik 5 Kepala Sekolah SMP Inovatif di Hari Guru Nasional 2023 oleh Kemdikbudristek RI. AJM/RedTT.


Penulis : MAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023

Siswi SDN 5 Ballo Takalar Raih Medali Emas di Kejuaraan Karate Provinsi