Bahas Tahapan Kegiatan DKPM Pelestari Aksara Lontarak, Panitia Pelaksana Gelar Rapat Persiapan



Takalarterkini.com, - Takalar. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia disingkat Pammuntuli Baji kembali mendapat kepercayaan dari Museum Cagar Budaya (MCB) Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek dan LPDP melalui program Dana Abadi Kebudayaan (Dana Indonesiana) tahun 2023-2024.

Spanduk Kegiatan Rapat Persiapan Panitia Pelaksana


Sekadar diketahui bahwa program Dana Indonesiana merupakan salah satu mandataris hasil Kongres Kebudayaan mengenai Dana Abadi Kebudayaan. Program Dana Indonesiana ini bekerjasama dengan LPDP. Dimana seleksinya dilakukan secara berjenjang yakni pendaftaran, seleksi substansi, seleksi administrasi, verifikasi berkas, dan pendampingan proposal serta RAB hingga penetapan sebagai penerima.


Kali ini berkegiatan pada program dengan kategori Dokumentasi Karya dan Pengetahuan Maestro (DKPM). Dengan judul "Aminuddin Salle Karaeng Patoto (Maestro Pelestari Aksara Lontarak). Program Dana Indonesiana ini telah memasuki tahun kedua, setelah sebelumnya bernama Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK).

Rapat Persiapan Panitia Pelaksana Part 1


Setelah melalui rangkaian kegiatan yang begitu panjang, akhirnya panitia pelaksana menggelar kegiatan sesuai linimasa yang diajukan. Dimulai dengan rapat persiapan panitia membahas tahapan dan agenda teknis kegiatan. Rapat persiapan pelaksanaan kegiatan ini pun telah digelar sebanyak 2 (dua) kali. Yakni ada tanggal 27 Januari 2024 dan 9 Maret 2024. Dari proses rapat ini telah disusun tahapan dan jadwal kegiatan yang dimulai pada pra produksi, produksi, pasca produksi, eksebisi dan diseminasi, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.


"Rapat ini telah kami lakukan sebanyak 2 kali, rapat pertama itu membahas mengenai perkenalan panitia pelaksana dan pembagian kerja. Kemudian berlanjut di rapat kedua untuk membahas tahapan dan agenda kegiatan," ujar Abdul Jalil Mattewakkang selalu Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah.

Rapat Persiapan Panitia Pelaksana Part 2


Adapun rangkaian kegiatan DKPM Maestro Pelestari Aksara Lontarak (Aminuddin Salle Karaeng Patoto) ini yakni pra produksi meliputi rapat persiapan, rapat koordinasi, pencarian informasi atau wawancara narasumber, dan rapat tim penyusun naskah. Sementara kegiatan produksi meliputi pengambilan dan pembuatan film dokumenter, dan penyusunan serta penulisan buku. Sedangkan pasca produksi meliputi kegiatan kemah budaya aksara lontarak. Lanjut kegiatan eksebisi dan diseminasi yakni launching dan Bedah Film dokumenter dan buku. Dan terakhir ialah pelatihan peningkatan kapasitas sumber saya manusia.


Rangkaian kegiatan ini disusun secara simultan dan berlanjut sesuai dengan Linimasa kegiatan. Dimana pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada bulan Desember 2023 dan akan berakhir pada bulan September 2024. AJM/RedTT.


Sumber: Humas dan IT Pammuntuli Baji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023

Siswi SDN 5 Ballo Takalar Raih Medali Emas di Kejuaraan Karate Provinsi