Bidang Ekonomi Kreatif DISPARPORA Takalar Laksanakan Pelatihan Seni Kriya Di BBrG

Suasana Pelatihan Seni Kriya Di BBrG Oleh Bidang Ekraf Disparpora Takalar


Takalarterkini.com, -  Galesong. Kamis, 2 November 2023 Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui Bidang Ekraf melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM Ekraf Sub Sektor Kriya Di (BBrG) Balla Barakkaka ri Galesong.


Bertempat di BBrG Dusun Tabbuncini Desa Galesong Kota Kecamatan Galesong,  Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) melakukan kegiatan pelatihan seni kriya yang diikuti oleh para pelaku Ekraf yang ada di wilayah Galesong dan sekitarnya juga mengundang PKK Kecamatan dan Desa, Kelompok Majelis Taklim,  Siswa SMA,  Karang Taruna dan Remaja Masjid serta dari unsur Pemuda.

Sekdis Disparpora, Kepala BPJS Takalar, Camat Galesong, Kabid Ekraf, Ketua Pokdarwis BBrG dan TP PKK Galesong


Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) DISPARPORA Takalar H Andi Gunawan selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan Program Kerja Bidang Ekraf Tahun 2023. Ini juga sebagai follow up dari usulan masyarakat yang ada pada saat Musrengbang.


Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang diwakili Sekretaris Hj Andi Herny yang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta yang dengan penuh semangat dan antusias dalam menghadiri undangan pelatihan ini,  ujar Mantan Camat Sanrobone ini.

Prof Aminuddin Salle (Kepala Kampung BBrG) Membawakan Materi Saat Sesi Pelatihan Seni Kriya


Para peserta pada kegiatan ini diberikan materi oleh Ibu Nurbaya selaku Ketua Kelompok Pengrajin Sawakong yang mengajarkan cara membuat pernak pernik dari bahan serat lontar seperti gelang-gelang, gantungan kunci dari guci dan anyaman serta kipas appaka sulapa. 


Sesi Kedua dilanjutkan oleh Daeng Naba selalu Ketua pengrajin BBrG yang mempraktekkan pembuatan bingkai Appaka Sulapa dari bahan bambu yang banyak dijumpai disekitar BBrG.


Pada pelaksanaan kegiatan ini juga diselingi dengan Sosialisasi BPJS yang dibawakan langsung Ibu Yunita Andriani selalu Kepala BPJS Kesehatan Takalar.  Dalam arahan dan materinya, ia mengajak para pelaku ekraf yang belum memiliki BPJS kesehatan untuk mendaftarkan dirinya, baik secara mandiri maupun yang bekerjasama dengan pemerintah. 


Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Bapak Camat Galesong, Kepala Kampung BBrG Prof Aminuddin Salle bersama Ibu Suryana Aminuddin dan Abdul Jalil Mattewakkang selaku Ketua Pokdarwis BBrG.


Kepala Kampung BBrG Aminuddin Salle yang biasa dipanggil Karaeng Patoto memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dalam hal ini Bidang Ekraf yang telah melaksanakan Kegiatan di BBrG.


"Diharapkan dengan kegiatan seperti ini semakin banyak orang yang akan berkunjung di BBrG yang baru-baru ini juga mendapatkan penghargaan sebagai 10 Desa Terbaik Kategori Digital Konten Kreatif pada ajang ADWI 2023 oleh Kemenparekraf RI. Semoga melalui kegiatan ini masyarakat dan pelaku ekraf bisa berkolaborasi dengan Pokdarwis dalam menyiapkan pernak pernik dan buah tangan yang bias dijajakan bila ada Kunjungan ke BBrG ini," pungkas Profesor Hukum Agraria ini.


Penulis: Andi Gunawan (Kabid Ekraf Disparora) Melaporkan dari BBrG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023