Bedah Buku Akkaddo Bulo; Warnai Pagelaran Tu Galesong Fest 2023

Takalarterkini.com, - Galesong. 29 Oktober 2023. Kegiatan kepemudaan bertajuk kebudayaan dan kearifan lokal dalam memperingati ke-95 tahun Hari Sumpah Pemuda 2023. Gelar Bedah Buku "Akka'do Bulo" di halaman kompleks Istana Balla Lompoa ri Galesong. 

Suasana Bedah Buku Akkaddo Bulo Di Area Balla Lompoa RI Galesong pada Rangkaian Tu Galesong Festival Season ke 2 Tahun 2023


Perayaan "Tu Galesong Fest" merupakan kali kedua digelar sejak kali pertama ditahun 2022 silam. Event kesenian, kepemudaan dibalut dalam bingkai kebudayaan dan kearifan lokal. Guna membumikan Galesong Berbudaya dan Beradat di saentaro dunia.

Pembedah dan Moderator Kegiatan Bedah Buku Akkaddo Bulo


Berdasarkan pantauan awak media menyampaikan tidak kurang dari 50 orang dari unsur pemuda dan pelajar se-Galesong hadir dalam bedah buku di pukul 16.00 WITA ini. OSIS, Pramuka, KIR, dan PMR SMA NEGERI 5 TAKALAR menjadi sebagian besar penyangga bedah buku kali ini.

Buku Akkaddo Bulo merupakan buku yang terbit ditahun 2020 kemarin ditengah covid-19, didasari oleh faktor keresahan dalam melestarikan adat dan budaya sebagai tanda kecintaan yang bergelora demi keabadian di masa yang akan datang agar intensitas adat, budaya, dan tradisi masyarakat Galesong tidak punah oleh waktu.

Abdul Jalil selaku pembedah mengemukakan bahwa "Buku Akkaddo Bulo ini ditulis atas keresahan dalam mempertahankan cerita dan tradisi masyarakat Galesong (Bontomangape, Kalenna Bontomangape, Parambambe, dan sekitarnya) pada perayaan pesta panen, sebagai wujud kesyukuran dan ajang silaturahmi", tukasnya. 

Penulis : MAR-DM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023